Mencari Biaya Operasional Siswa

Setelah pergantian pemerintahan dari Bu Mega ke Pak SBY, ternyata terjadi banyak perubahan di Indonesia. Ada perubahan menuju era yang baik dan ada yang sebaliknya.... Salah satu perubahan yang tampak terasa bagi masyarakat ekonomi menegah (seperti saya) adalah pencabutan subsidi BBM.

Dengan dicabutnya subsidi untuk BBM tentu mengakibatkan harga BBM naik. Namun jangan menilai negatif. Dengan dicabutnya subsidi, mengakibatkan para pejabat pemerintahan yang sudah kaya raya membeli BBM seperti layaknya kalangan umum, dengan kata lain, tidak ada diskon untuk pejabat.

Keputusan presiden untuk menghentikan subsidi BBM tentu memiliki maksud tersendiri. Selain menyisihkan jatah subsidi untuk mencicil bunga hutang negeri Indonesia ini, beliau juga mengalihkan subsidi ke bidang pendidikan yang kemudian disebut BOS (Biaya Operasional Sekolah).

Proyek BOS ini detujukan kepada para pelajar yang berminat belajar namun kurang mampu. Walaupun dalam perencanaan dan pelaksanaannya pengaliran dana BOS ini sering disunat atau malah diembat oleh lebih dari 100 manusia pihak sekolah, namun nampaknya maksud SBY meningkatkan mutu pendidikan kita ini tercapai. Buktinya, sudah banyak sekolahan yang direnovasi dan diperbaiki. Sekolahan yang tadinya tidak layak pakai, sekarang jadi layak pakai.

Mencari BOS (Biaya Operasional Siswa)

Bila Anda merasa kurang mampu dan layak mendapatkan BOS atau Anda memiliki teman yang layak menerima BOS maka sebagai warga yang baik, sebaiknya Anda segera menghubungi pihak yang bersangkutan.

1.Untuk sekolah di daerah perkotaan, sebaiknya Anda berbicara pada bimbingan konselink atau pihak Tata Usaha

2.Untuk di sekolahan pinggir kota, sebaiknya Anda berbicara pada bimbingan konselink dan disertai surat pengantar RT dan RW tempat Anda tinggal.

3.Untuk di pedesaan, sebaiknya Anda meminta surat rekomendasi dari pihak dukuh setempat.

4.Untuk daerah pedalaman, Anda harus ke pusat pemerintahan setempat (seperti kantor lurah) dan bisa mengajukan permintaan Bantuan Operasional Sekolah plus Bantuan Langsung Tunai.

Syarat

Tapi harus diingat bahwa Bantuan Operasional SIswa ini ditujukan bagi yang kurang mampu. Mungkin sebelum memberi surat rekomendasi, pemerintah akan melakukan survei bila diperlukan. Bagi yang sudah mampu, maka tidak layak mendapat dana BOS. Malahan seharusnya Anda juga menyumbangkan BOS. Mari bersama majukan mutu pendidikan bangsa

0 comments:

Post a Comment